Pemasaran
pada saat ini adalah pendorong suksesnya suatu bisnis dan juga pemasaran dapat
berubah-ubah sesuai dengan waktu nya. Pemasaran sudah banyak melakukan
penyesuaian hingga saat ini. Walaupun sudah mengalami perubahan pemasaran
tetaplah penting di dalam sebuah bisnis. Pada era saat ini memberikan sebuah
perubahan besar pada pemasaran dan juga menumbuhkan tantangan baru dalam
bisinis. Pemasaran dituntut harus dapat menyesuaikan dengan kondisi saat ini
yaitu agar dapat memahami bagaimana kejadian yang ada di penjuru dunia
mempengaruhi pasar dan peluang yang dapat diambil. Lalu seiring dengan
perkembangan waktu mucullah sebuah terobosan baru yang disebut dengan digital
marketing.
Digital
Marketing merupakan upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet
dengan beragam strategi atau taktik marketing dimana dapat berkomunikasi secara
digital tanpa harus bertemu secara langsung dan tidak menghabiskan banyak
waktu. Digital marketing ini sudah menjadi strategi yang banyak di terapkan
oleh berbagai perusaahn di dunia agar dapat terus berkembang dan melakukan
promosi dalam era industri 4.0 ini. Kemudahan ini di dukung dengan berbagai
aspek yang dapat memudahkan bisnis dan juga perusahaan dalam mencari sebuah
keuntungan. Digital marketing juga merupakan cara alternatif yang dapat
dilakukan untuk menarik konsumen agar dapat tertarik pada produk yang kita
pasarkan.
Dalam
digital marketing tidak harus bertemu langsung kepada calon pelanggan melainkan
dapat berinteraksi secara online dengan media sosial. Masa sekarang memang
digital marketing ini dibutuhkan sebab orang-orang sekarang jarang atau bahkan
tidak pernah melihat iklan secara konvensional sebagai contoh billboard yang
ada pada jalan tol, orang sudah jarang melihatnya dan juga brosur, brosur
terkadang tidak pernah dibaca bahkan sampai dibuang karena orang sekarang tidak
tertarik dengan begitu bisnis digital ini penting untuk menaikkan eksistensi
dan produk bisnis. Digital marketing bertanggung jawab untuk memberikan efek
terhadap produk dan juga dapat mengumpulkan data konsumen, melalui media yang
telah ada. Digital marketing biasanya berfokus pada cara kerja sistem pemasaran
dengan melihat jumlah pengunjung yang telah memasuki web yang ada.
Berbeda
halnya dengan melakukan secara digital atau iklan pada media sosial, iklan
tersebut akan selalu ada di tempat itu karena dengan demikian orang-orang lebih
tertarik pada produk kita, kemudian kemungkinan untuk di bagikan kepada orang
lain lagi akan lebih mungkin. Orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu yang
lama dengan melihat internet atau media sosial bukan tidak mungkin produk kita
akan berhasil menarik pelanggan. Dalam data survey yang dilakukan pada tahun
2019 rata-rata waktu penggunaan internet dengan berbagai device yaitu 8 jam
lebih dari sini dapat dilihat digital marketing akan lebih baik dengan dengan
marketing konvensional, kemudia rata-rata penggunaan media sosial dalam sehari
menghabiskan waktu sebesar 3 jam 30 menit dengan begitu peluang untuk seseorang
menyebar bisnis nya lewat media sosial ini lebih besar dibandingkan dengan
menaruh sebuah iklan di TV karena rata-rata seseorang menonton hanya sebesar 2
jam lebih saja, dengan demikian digital marketing ini telah membuka peluang
untuk dapat terus mengembangkan bisnisnya.
Dalam
sebuah digital marketing terdapat sebuah diagram yang dapat membuat strategi
digital marketing ini dapat berhasil yaitu SOSTAC (Situation analyisis,
Objectives, Strategy, Tactics, Actions, Control) dalam diagram tersebut telah
mencakup sebuah kunci dalam digital marketing ini. Yang pertama situation
analysis yaitu sebelum menjalankan digital marketing harus menganalisis situasi
terlebih dahulu, dimana perusahaan dapat mengetahui posisi marketing yang
nantinya dapat membantu diagram yang lainnya. Selanjutnya apabila sudah
mengetahui posisi marketing berada diagram selanjutnya adalah objective,
perusahaan harus dapat menentukan target yang akan dituju, pelanggan yang
bagaimana yang akan dituju perusahaan tersebut dengan begitu perusahaan dapat
objektif terhadapat digital marketing. Kemudian selanjutnya strategy, setelah
menentukan target yang dituju perusahaan barulah dapat menentukan strategi
untuk digital marketing ini, seperti melalui media sosial atau melalui website.
Dengan begitu perusahaan dapat mengetahui digital marketing apa yang cocok bagi
perusahaannya. Kemudian diagram marketing selanjutnya adalah tactics yaitu
taktik apa yang akan dijalankan agar digital marketing ini fapat berhasil atau
dapat menjangkau objektif yang telah ditentukan oleh perusahaan tadi dengan
begitu strategi yang telah ditentukan juga dapat berhasil untuk dicapai.
Selanjutnya strategi dan taktik saja tidak cukup tanpa adanya aksi, diagram
selanjutnya yaitu actions, dengan aksi ini perusahaan akan menjalankan taktik
dan strategi yang ditentukan tadi untuk melakukan digital marketingnya.
Kemudian diagram marketing yang terakhir adalah control, yaitu bagaimana kita
dapat mengontrol performa dalam digital marketing, hal ini sangat penting
karena dengan mengontrol ini kita dapat tahu jenis kebutuhan yang dibutuhkan
oleh pelanggan kedepannya dan dengan kontrol ini juga dapat memantau jalannya
sebuah bisnis perusahaan dapat berkembang atau tidaknya. Itulah diagram dalam
marketing yang dapat memberikan dampak pada perusahaan dalam memulai strategi
digital marketingnya.
Pentingnya
digital marketing telah menarik seseorang untuk merubah strategi bisnisnya yang
awalnya melakukan marketing secara konvensional perlahan berubah menjadi
digital marketing. Alasan pertama digital marketing itu penting yang pertama
terhubung dengan konsumen lebih mudah, dengan adanya kemudahan internet ini
orang-orang tidak harus berjalan atau menghabiskan tenaga nya untuk dapat
berbelanja yang ia mau, ia hanya bermodalkan sebuah gadget dan internet dapat
langsung terhubung dengan penjual, konsumen akan merasa dihargai karena
pelayanan nya mudah dan juga tidak mengabiskan banyak waktu. Kemudian yang
kedua yaiitu dapat menganalisis perilaku konsumen, kita dapat melihat apa yang
sedang trend atau produk apa yang lebih dibutuhkan oleh konsumen dan kita
perusahaan dapat langsung tahu dengan bantuan kecerdasan buatan, dengan begitu
produk yang dibutuhkan oleh konsumen ini dapat dipasarkan. Lalu yang ketiga
dapat meluas pasar, digital marketing tidak hanya menyebar pada suatu kawasan
lokal saja melainkan dapat menyebar pada seluruh dunia, dengan begitu pasar
yang dicakup ini besar, strategi marketing konvensional hanya mencakup pasar
tertentu saja tidak mencakup luas, dengan begitu digital marketing dapat
menarik calon konsumen baru yang tertarik dengan produk perusahaan. Pentingnya
digital marketing selanjutnya yaitu dapat menekan biaya marketing, dikatakan
bahwa marketing dapat menghabiskan sebagian modal perusahaan dan juga belum
tentu berhasil, dengan adanya digital marketing ini dapat menekan biaya
marketing secara konvensional. Dengan menggunakan digital marketing ini dengan
mudah mengakses sebuah media sosial dan menaruh iklan pada website tertentu
seperti YouTube dan Facebook. Selanjutnya yaitu dalam era digital ini semakin
banyak persaingan dalam bisnis, menggunakan digital marketing juga dapat
memberikan nilai tambah bagi perusahaan, dengan di lihat bahwa perusahaan dapat
bersaing dengan perusahaan lain dengan memanfaatkan digital. Dengan begitu
dapat menarik perusahaan lain untuk bekerja sama dan memulai bisnis dengan
kuat. Dengan demikian memanglah digital marketing ini penting untuk bisnis
kedepannya dan juga dapat membuat bisnis sebuah perusahaan berkembang terus
menerus.
0 comments:
Post a Comment