Halo, Sobat Dunia Kampus
Semakin pesatnya
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta kemudahan dalam segala
akses internet telah mengubah gaya hidup serta memperluas berbagai macam
peluang khususnya dalam bidang wirausaha bagi generasi muda yang dapat
beradaptasi mudah dengan perkembangan teknologi pada saat ini. Revolusi industri
4.0 telah memaksa kita untuk melakukan perubahan dalam berbagai bidang contohnya
di bidang transportasi, bidang perbankan, maupun di bidang perbankan. Wirausaha
mau tidak mau harus melakukan perunahan juga agar tidak tertinggsl dengan
pengaruh teknologi yang pesat ini. Perdagangan pada era ini sudah tidak
mengenal dengan batas wilayah negara dan waktu, kita dapat menghemat waktu dan
tenaga untuk melakukan hal tersebut dengan teknologi yang maju, sebagai
contohnya sudah ada tersedianya taksi atau ojek yang berbasis online dan juga
belanja online yang hanya dari rumah saja kemudian berang tersebut akan dibayar
setelah bayar tersebut sudah sampai di tangan pelanggan. Kemudian maksud dari
kewirausahaan digital itu sendiri adalah proses mengubah komunikasi, interaksi,
dan fungsi yang biasanya secara langsung diubah menjadi digital. Pada penerapannya
proses digital ini melakukan transformasi terhadap bisnis, fungsi, dan model
bisnis yang akan diaplikasikan pada teknologi digital. Seorang wirausaha
digital adalah yang mampu beradaptasi terhadap berkembangan teknologi, serta
dapat mengmabil segala peluang yang ada menjadi sesuatu yang dapat
menguntungkan untuk bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses.
Awalnya teknologi
muncul untuk mempermudah pekerjaan
manusia, namun pada era sekarang berubah fungsi pada era digital ini sebagai
bisnis digital. Tujuan digital masuk ke dalam bisnis yaitu agar dapat
memperlancar keuntungan yang didapatkan agar lebih besar kenaikannya, sehingga
dapat dikatakan wirausahaan digital itu sangat penting untuk berbisnis pada era
saat ini. Dalam wirausaha digital, perubahan proses transaksi, penjual maupun
pembeli tidak harus hadir dalam sebuah transaksi di satu tempat dengan
mengandalkan sebuah aplikasi yang dapat terhubung satu sama lain. Seperti dalam
platform perdagangan digital yaitu tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.
Dengan adanya teknologi digital dalam bisnis ini dapat mempermudah penjualan
serta promosi yang dianggap menguras modal, serta penggunaan media sosial yang
digunakan sebagai lading promosi akan menjadi lebih efektif dan tidak
memerlukan biaya yang besar. Selain itu dengan teknologi digital ini dapat
memperluas objek pasar dan strategi pemasarannya juga. Peran teknologi digital
juga dapat menghemat pengeluaran biaya produksi, komunikasi yang terjalin
mudah, dan transaksi menjadi lancer dan mudah juga. Hal ini tentunya akan
menarik para wirausaha agar melakukan digitalisasi pada bisnisnya dan melakukan
perkembangan pada bisnisnya juga. Sebab semakin banyaknya wirausahawan yang
berpindah semakin banyak juga persaingan yang akan terjadi nantinya. Melihat
peluang yang ada penting untuk dapat bertahan pada persaingan dagang apalagi
pada kewirausahaan digital. Dengan begitu dengan perpindahan dari wirausahaan
biasa ke wirausahaan digital sangat penting.
Kemudahan teknologi datang bukan secara tiba-tiba dan harus dipergunakan dengan sangat tepat. Untuk menjadi kewirausahaan digital yang handal kita harus bisa membaca peluang serta dapat menghadapi tantangan yang akan muncul nantinya. Peluang ini harus dimanfaatkan dengan cepat dan tepat agar tidak salah mengambil tindakan nantinya, banyak sekali peluang yang ada pada era digital ini, dengan mengubah cara berdagang dan bertransaksi secara digital kita sudah dapat dikatakan mengambil peluang dan memanfaatkan peluang itu dengan baik. Kemudian selain peluang tentu saja ada tantangan yang harus dihadapi yang pertama yaitu perpindahan digital, dengan tantangan seperti ini kita dituntut untuk dapat terus belajar dan menghadapi segala ketakutan yang ada dalam dunia bisnis. Dengan belajar tentang teknologi yang dihadapi tentunya kita dapat mengatasi tantangan ini dan mengambil segala resiko yang ada. Kemudian tantangan selanjutnya persaingan bisnis yang semakin tinggi, tentu saja banyak di luar sana yang lebih mengerti akan teknologi pada sekarang dengan begitu pastinya akan banyak sekali persaingan. Namun apabila dapat menyikapi persaingan tersebut dengan melakukan kerjasama dalam bisnis digital bukan tidak mungkin kita akan dapat keuntungan yang berlipat. Kemudian tidak hanya itu saja inovasi tentunya sangat penting untuk mengatasi persaingan yang tinggi ini, dengan adanya inovasi yang terus berkembang bisnis kita akan lebih banyak dipilih oelh pelanggan ketimbang bisnis yang tidak ada perubahan atau inovasinya. Tantangan selanjutnya adalah masyarakat yang akan selalu berubah, selain masayarakat menginginkan sesuatu yang cepat dan praktis tentunya masyarakat juga memerlukan perbedaan bisnis, karena selera dan keinginan akan kebutuhan masyarakat yang banyak. Masyarakat akan memilih produk mana yang sesuai dengan selera mereka dengan begitu kita dituntut agar dapat memenuhi selera tersebut. Wirausaha digital harus berfikir secara beda agar dapat bersaing kedepannya. Usaha yang dilakukan wirausaha digital juga harus melakukan inovasi serta perubahan dalam berbagai aspek. Tentunya dengan mengatasi ketiga tantangan tersebut wirausaha akan dapat keuntungan yang lebih maksimal.
Terdapat strategi bisnis untuk bisa menjadi sebuah perusahaan yang berbasis digital yaitu yang pertama dengan memunculkan sebuah keunggulan kompetitif yang diperoleh dengan berfokus pada kepuasan pelanggan, jadi perusahaan harus berfokus pada puas tidaknya pelanggan terhadap pelayanan atau barang yang kita jual kepada pelanggan, apabila pelanggan belum merasa puas kita harus memperbaiki hal tersebut sampai pelanggan merasa puas terhadap barang atau jasa kita, sehingga pelanggan akan tertarik kepada perusahaan kita dan menjadi pelanggan tetap, contohnya melakukan jasa mengupas atau memotong buah terhadap buah tang dibeli pelanggan. Dari pelayanan tersebut pelanggan akan merasa diperhatikan dan merasa puas terhadap pelayanan yang kita berikan. Kemudian selanjutnya, perushaan melakukan penghubungan dunia offline ke dunia digital, pelanggan dapat dengan mudah membeli barang dagang perusahaan tersebut tanpa harus dating ke tokonya dan hanya bermodalkan sebuah device serta jaringan internet. Pelanggan akan merasa hemat akan waktu serta tenaga yang butuhkan. Selanjutnya perusahaan membuat Big Data, dengan begitu Big data ini dapat membantu perusahaan dalam menyimpan semua data terkait transaksi dengan pelanggan, kemudian perusahaan dapat mengambil keputusan dengan melihat Big data tersebut secara tepat dan akurat. Kemudian strategi selanjutnya adalah mengamankan informasi bisnis perusahaan atau cybersecurity, melindungi informasi itu sangat penting di era saat ini agar tidak dapat dibobol oleh orang yang tal bertanggung jaawab, dengan begitu cybersecurity sangat dibutuhkan dalam membangun perusahaan yang berbasis digital. Kemudian yang terakhir kapabilitas digital yaitu untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital, dengan melihat sejauh mana perusahaan tersebut bisa bertahan dalam persaingan digital, strategi ini sangat penting untuk melihat hal tersebut.
Menjadi wirausaha tentu
saja harus memiliki sebuah kompetensi yang akan membantu untuk menjadi sukses
kedepannya. Kompetensi yang pertama yaitu komunikasi, komunikasi ini sangat
penting dimiliki wirausaha, karena harus bisa menjelaskan sebuah ide yang
berulang kali, seperti melakukan sebuah promosi ke investor atau ke pelanggan.
Keterampilan ini menjadi sebuah kunci sukses untuk menjadi kewirausahawan yang
handal. Selanjutnya finansial, kompetensi ini dibutuhkan untuk dapat melihat
arus kas yang sangat penting bagi bisnisnya. Memilki kecerdasan finansial juga
membantu kita dalam mengambil keuntungan yang lebih besar lagi yang mampu
melihat sebuah peluang yang ada. Kemudian kompetensi selanjutnya, adalah merk.
Merk ini sangat penting karena merupakan sebuah wajah yang dimiliki bisnis
kita, karena merk ini akan lebih dikenal oleh pelanggan. Selanjutnya marketing,
kompetensi ini sangatlah penting sebab marketing menunjukan produk apa yang
kita jual nantinya dan produk apa yang akan dibeli oleh pelanggan, dengan
marketing yang baik akan memperluas keuntungan serta dapat memberikan bisnis
kita berkembang. Kemudian selanjutnya yaitu networking, dengan menjalin
hubungan dengan yang lain, bukan tidak mungkin akan membawa kita kepada
keuntungan yang lebih besar lagi. Selanjutnya automation, yaitu melakukan hal
yang sama berulang kali namun dengan penggunaan teknologi digital, dengan
begitu tenaga dan waktu yang dibutuhkan akan berkurang dan akan efisien dalam
melakukan produksi. Dan kompetensi selanjutnya adalah design, dengan design
pelanggan dapat melihat dan merasa tertarik akan produk yang kita jual
nantinya. Selanjutnya analistis, yaitu membuat keputusan bisnis kita dengan
menganalisis berbagai aspek agar bisa perkembang melalui analisis tersebut.
Kemudian technical, yaitu memahami secara sederhana tentang algoritma di dalam
bisnis digital. Dan kompetensi yang terakhir adalah learning, dengan
keterampilan tersebut dapat membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis.
Sangat membantu makasihh banyakkkk
ReplyDeleteposting terus artikel menarik lainnya!
ReplyDeleteWahh keren banget
ReplyDelete